Senin, 05 Maret 2012

Biologi - Kingdom Plantae

Pendahuluan

Kingdom Plantae disebut juga Dunia Tumbuhan karena beranggotakan berbagai jenis tumbuhan yang mempunyai ciri umum sebagia berikut :
  • Organisme Eukariotik Multiseluler
  • Mempunyai dinding sel yang tersusun atas selulosa
  • Mempunyai klorofil a dan b sehingga mampu berfotosintesis
  • Mampu menyimpan karbohidrat berupa zat tepung (amilum)
  •  Embrionya dilindungi oleh jaringan parental
Berdasarkan keberadaannya dalam jaringan pebuluh, Kingdom Plantae dikelompokkan mejadi :
  • Non - Tracheophyta : Tidak berpembuluh ; contoh : Lumut
  • Tracheophyta : Berpembuluh ; contoh : Tumbuhan paku (Pteridophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
Tumbuhan Lumut (Bryophyta)
Tumbuhan darat yang tubuhnya tidak memiliki pembuluh pengangkut serta akar, batang, dan daun sejati. Lumut adalah peralihan dari tumbuhan bertalus (Thallophyta) dan tumbuhan berkormus (Cormophyta) yang memiliki akar, batang, dan daun sejati. Sebagian bentuknya masih berupa talus. Lumut merupakan tumbuhan makroskopis. Lumut mengalami pergantian generasi dengan siklus hidup, yaitu gametofit dan sporofit, disebut metagenesis.

Struktur
  • Terdiri dari sel-sel yang memiliki kloroplas dengan pigmen klorofil untuk berfotosintesis
  • Sel-sel yang mengandung klorofil berbentuk talus
  • Sebagian lumut berbentuk talus, sebagian lainnya sudah berdiferensiasi ke dalam daun dan batang, tetapi bukan yang sebenarnya
  • Bersifat homospora atau isospora
  • Memiliki sporangium
  • Lumut sporofit selalu menumpang pada lumut gametofit untuk mendapat air dan mineral
Cara hidup dan habitat
  • Organisme autotrof
  • Hidup di tempat lembab seperti batuan, tanah, pohon
Reproduksi
  • Berkembang biak secara aseksual dan seksual. Reproduksinya menunjukkan metagensis
  • Gametofit adalah generasi yang dominan dalam daur hidupnya
  















Klasifikasi Lumut 
Jenis lumut yang teridentifikasi ada 16.000 spesies yang terdiri dari 3 kelas, yaitu :
  • Lumut hati
  • Lumut tanduk
  • Lumut daun
 

Mengenal Kerajaan Tumbuhan (Kingdom Plantae)

Kingdom plantae atau disebut juga kerajaan tumbuhan terdiri dari berbagai organisme dengan ciri-ciri eukariotik (mempunyai selaput membran inti), multiseluler (terdiri dari banyak sel), outotrof ( dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis).  Dinding sel tumbuhan disusun atas senyawa selulosa, dan menyimpan kelebihan karbohidratnya dalam bentuk amilum.
Dalam klasifikasi lima kingdom, berdasarkan ada tidaknya berkas pembuluh angkut, kerajaan tumbuhan dibagi menjadi tumbuhan tak berpembuluh angkut dan tumbuhan berpembuluh angkut.
1. Tumbuhan tak berpembuluh angkut (Avascular)
Pada tumbuhan Avascular hanya terdapat satu jenis golongan, yaitu  golongan lumut. Lumut mempunyai ciri-ciri : tidak memiliki jaringan pengangkut, tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati (talus), mengalami pergiliran keturunan (gametofit-sporofit), reproduksi seksual dan aseksual ( spora), habitat yang di tempat yang lembab, berukuran hidup kecil dan berkoloni.
Tumbuhan lumut terdiri dari 3 divisi, yaitu :
a) Divisi Bryophyta (lumut daun)
Lumut ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat yang basah atau lembap, menempel pada permukaan batu bata, tembok dan tempat-tempat terbuka. Tubuhnya berukuran kecil, berbatang semu tegak dan lembaran daunnya tersusun spiral. Pada pangkal batang terdapat rizoid yang bercabang dan bersepta berfungsi sebagai akar. Letak antheridium dan archegonium terpisah.
b) Divisi Hepatophyta (lumut hati)
Lumut hati berbentuk lembaran (talus), rizoidnya tidak bercabang terdapat di bawah tangkai atau lembarannya. Letak antheridium dan archegonium terpisah. Pada umumnya lumut hati mudah ditemukan pada tebing-tebing yang basah. Contoh lumut ini antara lain Ricciocarpus sp. dan Marchantia sp.
c) Divisi Anthocerophyta (lumut tanduk)
Lumut tanduk sering dijumpai hidup di tepi danau, sungai atau di sepanjang selokan. Lumut ini juga mengalami pergiliran keturunan antara generasi sporofit dan generasi gametofit. Generasi sporofitnya membentuk kapsul memanjang yang tumbuh seperti tanduk. Contohnya Anthoceros sp
2. Tumbuhan berpembuluh angkut (Vascular)
Tumbuhan vascular dibagi menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan tidak berbiji dan tumbuhan berbiji
a)  Tumbuhan tidak berbiji
Tumbuhan berpembuluh angkut dan tidak berbiji terdiri dari kelompok tumbuhan paku. Tumbuhan paku mempunyai ciri-ciri : memiliki jaringan pengangkut, dapat di bedakan akar, batang, dan daun sejati, alat reproduksi aseksual berupa spora, spora di hasilkan oleh sporofil (daun yang fertil/subur) dan mengalami metagenesis (pergiliran keturunan).
Tumbuhan paku terdiri dari 3 divisi, yaitu : Divisi Pterophyta, Divisi Lycophyta dan Divisi Sphenophyta.
b) Tumbuhan berbiji (Spermatophyta)
Tumbuhan berbiji meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Tumbuhan ini mempunyai pembuluh angkut berupa xilem (jaringan pengangkut yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari tanah melalui akar ke daun) dan floem (jaringan pengangkut yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis tanaman dari daun ke seluruh bagian tubuh tumbuhan).
Dalam sistem klasifikasi 5 kingdom, tumbuhan berbiji digolongkan menjadi dua golongan, yaitu tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae).
1) Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae)
Berkembang biak dengan biji. Biji tidak dilindungi jaringan buah. Struktur reproduksi terdapat pada kerucut (strobilus).
Tumbuhan berbiji terbuka yang hingga kini masih dapat ditemukan adalah divisi Coniferophyta (konifer), Cycadophyta (Sikas), Ginkgophyta (ginkgo), Gnetophyta (melinjo).
2) Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae)
Angiospermae memiliki bakal biji atau biji berada di dalam struktur yang tertutup yang disebut daun buah (carpels). Daun buah dikelilingi oleh alat khusus yang membentuk struktur pembiakan majemuk yang disebut bunga. Pada umumnya tumbuhan berupa pohon, perdu, semak, liana, atau herba.
Angiospermae  ini terdiri atas dua kelas yaitu Monocotyledonae (monokotil) dan Dicotyledonae (dikotil).
2.1. Monocotyledonae (monokotil)
Terdiri dari semua tumbuhan berbunga yang memiliki kotiledon tunggal (berkeping biji tunggal), berakara serabut, batang bagian atas tidak bercabang. Umumnya berdaun tunggal, kecuali pada golongan palma (kelapa, palem) dengan tulang daun melengkung atau sejajar. Jaringan xilem dan floem pada batang dan akar tersusun tersebar dan tidak berkambium. Bunga memiliki bagian-bagian dengan kelipatan 3, bentuk tidak beraturan dan berwarna tidak menyolok.
Tumbuhan monokotil terdiri dari beberapa suku, yaitu Gramineae (rumput-rumputan), suku palmae (palem), suku orchidaceae (angrek-angrekan), suku Musaceae (pisang-pisangan), dan suku Zingiberaceae (jahe-jahean)
2.2. Dicotyledonae (dikotil)
Mencakup semua tumbuhan berbunga yang memiliki 2 kotiledon (berkeping biji dua). Daun dengan pertulangan menjari atau menyirip. Batangnya berkambium, oleh karena itu mengalami pertumbuhan sekunder. Pembuluh xilem dan floem tersusun melingkar (konsentris). Akar berupa akar tunggang ujung akar lembaga tidak dilindungi selaput pelindung. Jumlah bagian-bagian bunga berkelipatan 2, 4 atau 5.
Tumbuhan dikotil terdiri dari suku Euphorbiaceae (getah-getahan), suku Solanaceae (terung-terungan), suku Papilionaceae (kacang-kacangan), suku Putaceae (jeruk-jerukan) dan suku Myrtaceae (jambu-jambuan).
 
SUMBER : http://sukasains.com/materi/mengenal-kerajaan-tumbuhan-kingdom-plantae/

Berhubung kalo gw merangkum bakal menimbulkan kesia-siaan (maksudnya bu nur pasti ngeluarin soalnya beda dari yang di buku), gw posting latihan soal aja ya ....

SOAL 1

I. PILIHAN GANDA
1. Dalam kegiatan identifikasi tumbuhan, seorang siswa menemukan tumbuhan dengan ciri-ciri sebagai berikut: Melekat di permukaan tanah dengan rizoid, berukuran kecil, berbentuk pipih, berwarna hijau, tidak memiliki akar, batang dan daun sejati, berkembang biak dengan spora. Dapat ditentukan bahwa tumbuhan tersebut termasuk golongan ...                                                                                                 a. ganggang      b. tumbuhan paku        c. jamur        d. Lichenes.        e. Lumut
2. Yang merupakan generasi gametofit pada tumbuhan lumut adalah ...
     a. sporofit               c. protonema                e. sporogonium
     b. sporangium         d. tumbuhan lumut
3. Mana dari pasangan organisme berikut ini salah satu organisme memiliki jaringan pembuluh, sedangkan   organisme yang lain tidak ...
a. lumut dan paku                         c. ganggang dan fungi                       e. Sianobakteri dan alga
b. paku dan gymnospermae         d. gymnospermae dan angiospermae
4. Perhatikan diagram bunga di bawah ini!
                                                                                                                   
Bagian yang berlabel 1, 2, 3 adalah ...
    a. mahkota, tangkai putik, bakal biji
    b. bakal biji, bakal buah, kotak sari
    c. serbuk sari, tangkai putik, bakal buah
   d. serbuk sari, kotak sari, tangkai sari
   e. mahkota, kepala putik, bakal biji


5. Perbedaan pokok antara tumbuhan dikotil dan monokotil adalah dalam hal sebagai berikut, kecuali ...
     a. sistem perakarannya        c. susunan pembuluhnya         e. jenis klorofilnya
     b. pertulangan daunnya       d. jumlah perhiasan bunga
6. Pada tumbuhan paku, sporagonium terkumpul dalam suatu tempat yang disebut dengan ...
a. annulus               c. indusium                  e. sorus
     b. operculum           d. strobilus
7. Tumbuhan paku sangat berperan dalam kehidupan manusia, antara lain digunakan sebagai sayuran, yaitu
a. Alsophila galuca                         d. Asplenium nidus                  
b. Anabaena azollae                       e. Marsilea crenata
c. Azolla pinnata
8. Tumbuhan berbiji dapat menghasilkan bunga sehingga disebut ...
     a. kormophyta                     c. anthophyta               e. gymnospermae
     b. angiospermae                  d. tracheophyta
9. Salah satu contoh tumbuhan paku peralihan adalah ...
     a. Equisetum               c. Protalium                 e. Marsilea crenata
     b. Lycopodium           d. Sphagnum
10. Daun tumbuhan paku yang berfungsi untuk menghasilkan spora adalah ...
     a. sorus                   c. tropofil                     e. mikrofil
     b. sporofil               d. makrofil

II. ISIAN 
1.   Tumbuhan yang menghasilkan gametofit jantan dan gametofit betina secara terpisah disebut ...
2.   Tumbuhan yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan berpembuluh (tracheophyta) adalah ... dan ...
3.   Generasi gametofit dari tumbuhan lumut disebut ...
4.   Generasi gametofit dari tumbuhan paku disebut ...
5.   Cadangan makanan pada angiospermae disebut ...
6.   Pergiliran keturunan antara fase diploid dan haploid pada lumut dan tumbuhan paku disebut ... 
7.   Tumbuhan paku yang menghasilkan spora yang sejenis disebut dengan ...
8.   Contoh tumbuhan dari kelas Ginkgophyta adalah ...
9.   Contoh tumbuhan dari kelas Gnetophyta adalah ...
10. Divisi lumut dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas ..., kelas... dan kelas ...
 
SUMBER : http://okedehrita.blogspot.com/2012/02/soal-latihan-kingdom-plantae.html

SOAL 2
 
  Perhatikan ciri-ciri tumbuan berikut! 1) mengalami pembuahan ganda 2) bakal biji terbungkus daun buah 3) memiliki keping bjij 4) tidak memiliki bunga 5) berakar serabut Ciri-ciri tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae) meliputi nomor...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.2)  Tumbuhan Monokotil dapat dibedakan dari Dikotil berdasarkan ciri-ciri khas yang terdapat pada semua struktur di bawah ini, kecuali...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.3)  Ciri-ciri berikut yang tidak dipergunakan untuk mengidentifikasi kelompok Bryophyta adalah...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.4)  Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut! 1) hidup di tempat lembap 2) mempunyai akar, batang dan daun 3) belum memiliki pembuluh pengangkut 4) berkembang biak menggunakan spora 5) alat perkembangbiakan berupa strobilus Ciri-ciri tumbuhan yang tergolong Pteridophyta ditunjukkan oleh nomor...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.5)  Rini dan Rina mencatat beberapa jenis tumbuhan yang mereka temui selama perjalanan pulang sekolah. Tumbuhan yang berhasil mereka catat sebagai berikut: 1) teratai 2) eceng gondok 3) waru 4) kencur 5) sirih Kelompok tumbuhan tersebut mempunyai persamaan dalam hal...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.6)  Kembang sepatu, mawar dan seroja dikelompokkan dalam satu kelompok karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.7)  Pakis haji termasuk kelompok Gymnospermae yang memiliki ciri-ciri seperti berikut, kecuali...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.8)  Tono menemukan berbagai jenis tanaman di kebunnya dan mengelompokkannya sebagai berikut:
 
   

Pengelompokan yang dilakukan Tono tersebut berdasarkan pada...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.9)  Berikut ini ciri-ciri tumbuhan berbiji: 1) biji berkeping satu 2) berakar tunggang 3) tulang daun sejajar 4) biji berkeping dua 5) tidak berkambium 6) tulang daun menjari Ciri-ciri tumbuhan yang tergolong Dikotil meliputi nomor...


A.
B.
C.
D.
E.
Q.10)  Spora tumbuhan paku yang jatuh di lingkungan lembap akan tumbuh menjadi...


A.
B.
C.
D.
E.
 
Sumber : http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=latihan-soal-kingdom-plantae
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar